Jumat, 03 Mei 2013

80. Motivasi Kerja Karyawan

Motivasi Kerja Karyawan

Sebagai seorang manajer, bos, maupun atasan, menjaga motivasi kerja karyawan merupakan hal yang sangat penting. Mengapa motivasi itu harus di jaga bahkan ditumbuhkan serta dijaga? Jawabnya tentu karena kemajuan bisnis Anda secara tidak langsung sangat bergantung dengan kinerja karyawan Anda. Nah, artikel kali ini akan membahas tentang cara memotivasi karyawan.
motivasi kerja karyawan Motivasi Kerja Karyawan
motivasi kerja karyawan
Tips motivasi kerja karyawan
1. Jangan memaksa
Terkadang seorang bos merasa semua keinginannya harus dipenuhi oleh karyawannya. Memang hal itu benar tetapi tidak setiap permintaan Anda dapat dipenuhi oleh karyawan. Anda harus tahu bahwa karyawan tentu mempunyai alasan misalnya menumpuknya kerjaan yang membuatnya berbuat demikian. Seorang karyawan lebih respek kepada bos yang memahami pekerjaannya.
2. Beri ruang karyawan untuk berkembang
Anda perlu tahu bahwa setiap orang mempunyai karakter bekerja sendiri-sendiri. Terkadang pola kerja yang Anda terapkan tidak sesuai dengan cara kerja karyawan Anda. Cobalah memberi sedikit kebebasan karyawan untuk bekerja dengan cara mereka asalkan goal yang di dapat adalah sama. Sedikit kebebasan yang Anda berikan membuat karyawan Anda lebih mudah mengkresikan ide serta membuat inovasi yang lebih baik.
3. Perlakukan karyawan layaknya orang dewasa
Peran apa yang dimainkan oleh seorang karyawan?harapan apa yang Anda bebankan kepada mereka?Menurut teori expecations sosial, kita tahu bahwa orang cenderung untuk mengadopsi norma-norma sosial dan peran serta untuk menyesuaikan perilaku mereka untuk memenuhi harapan. Berikut ini adalah contoh di tempat kerja: Jim datang ke kantor lebih awal karena dia tahu Anda melacak waktu itu, berpura-pura menjadi sibuk ketika Anda sedang melihatnya, berpura-pura sakit ketika ingin istirahat, dan meminta izin untuk pulang lebih awal untuk melihat anaknya di sebuah program liburan di sekolah.
Sungguh? Jim, seorang pria dewasa, merasa perlu untuk bertindak seperti anak sekolah- meminta izin, menyelinap di sekitar, tampak sibuk, pura-pura sakit untuk mendapatkan hari libur. Bila Anda memperlakukan karyawan Anda seperti anak-anak, mereka akan bertindak seperti anak-anak.
4. Reward untuk jerih payah mereka
Setiap pekerjaan itu ada harganya. Karyawan akan lebih dihargai ketika mereka akan mendapatkan reward atas prestasi kerja mereka. Jika Anda tidak mampu memberikan reward berupa hadiah atau uang, maka setidaknya Anda memberikan pujian dan ucapan terima kasih atas dedikasi karyawan Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar